Minggu, 02 November 2014

PANGLIMA DAYAK DAN ATRIBUTNYA

PANGLIMA DAYAK DAN ATRIBUTNYA

COMMANDERS OF  DAYAK AND THEIR ATTRIBUTES


Miller yang seorang penjelajah, misalnya menulis dalam Black Borneo-nya (1946 : 121), menyatakan bahwa praktik memburu kepala bisa dijelaskan dalam kerangka kekuatan supernatural yang oleh orang-orang Dayak diyakini ada di kepala manusia. Bagi orang Dayak, tengkorak kepala manusia yang sudah dikeringkan adalah sihir yang paling kuat di dunia.

Sebuah kepala yang baru dipenggal cukup kuat untuk menyelamatkan seantero kampung dari wabah penyakit. Sebuah kepala yang sudah dibubuhi ramu-ramuan bila dimanipulasi dengan tepat cukup kuat untuk menghasilkan hujan, meningkatkan hasil panen padi, dan mengusir roh-roh jahat. Kalau ternyata tak cukup kuat, itu karena kekuatannya sudah mulai pudar dan diperlukan sebuah tengkorak yang baru. Sementara itu Mc Kinley menggambarkan ritual perburuan kepala itu sebagai sebuah proses transisi, dalam mana orang-orang yang dulunya adalah musuh menjadi sahabat dengan cara memadukan mereka ke dalam dunia keseharian.
Mungkin ada sebuah pertanyaan, dalam tradisi Ngayau tersebut mengapa harus kepala dan bukan bagian-bagian tubuh yang lain yang diambil. Mc Kinley berpendapat (1976 : 124), kepala dipilih sebagai simbol yang pas untuk ritual-ritual ini karena kepala mengandung unsur wajah, yang dengan cara serupa dengan nilai sosial tentang nama-nama personal, merupakan simbol yang paling konkret dari jati diri sosial (social personhood).

Jati diri sendiri ini pada gilirannya adalah atribut paling manusiawi milik si musuh dan karenanya menjadi atribut yang harus diklaim oleh komunitas orang itu sendiri.

DAYAK KANAYATN ( 1900-an )


 GAWAI DAYAK 2006

LUKISAN PANGLIMA DAYAK ( 1900 )


 DAYAK ( 2000 )


 DAYAK ( 1900 )

 UDIN BALOK
( JAWA NGAKU DAYAK )


Jadi dalam budaya Dayak ( semua Dayak di Borneo ) tidak ada budaya memamerkan Kepala ( kayau ) pada bagian tubuh atau untuk kalung. Ini kesalahan besar anak muda saat ini menggunakan kepala binatang untuk mepresentasikan kepala KAYAU dan digunakan sebagai atribut budaya.

Yang umum adalah menggunakan BUNTAT- tulang yang membatu, al. Gigi babi yang mempunyai kekuatan magis untuk menangkal ilmu lawan.

ATRIBUT YANG TIDAK DIKENAL DALAM PANGLIMA DAYAK
( KREASI ANAK MUDA 2009, DAN MENJAMUR 2014 )

3 komentar:

  1. Kenapa sewot .. Udin balok memang Orang dayak .. kenapa kamu sewot bilang jawa ngaku dayak ?? emang kamu kenal ??? sok tau lo .. klo qm iri ama bang udin ya ikutin berjuang lah seperti pahlawan .. jangan cuma mengarang pembahasan bodoh ky gini

    BalasHapus
  2. udin balok itukan stefanus asli dayak... penulisnya orang mana ya

    BalasHapus
  3. udin balok kalau nda salah campuran jawa bugi

    BalasHapus