PANGLIMA DAYAK DAN ATRIBUTNYA
COMMANDERS OF DAYAK AND THEIR ATTRIBUTES
Miller yang seorang penjelajah, misalnya menulis dalam Black
Borneo-nya (1946 : 121), menyatakan bahwa praktik memburu kepala bisa
dijelaskan dalam kerangka kekuatan supernatural yang oleh orang-orang
Dayak diyakini ada di kepala manusia. Bagi orang Dayak, tengkorak kepala
manusia yang sudah dikeringkan adalah sihir yang paling kuat di dunia.
Sebuah kepala yang baru dipenggal cukup kuat untuk menyelamatkan seantero kampung dari wabah penyakit. Sebuah kepala yang sudah dibubuhi ramu-ramuan bila dimanipulasi dengan tepat cukup kuat untuk menghasilkan hujan, meningkatkan hasil panen padi, dan mengusir roh-roh jahat. Kalau ternyata tak cukup kuat, itu karena kekuatannya sudah mulai pudar dan diperlukan sebuah tengkorak yang baru. Sementara itu Mc Kinley menggambarkan ritual perburuan kepala itu sebagai sebuah proses transisi, dalam mana orang-orang yang dulunya adalah musuh menjadi sahabat dengan cara memadukan mereka ke dalam dunia keseharian.
Sebuah kepala yang baru dipenggal cukup kuat untuk menyelamatkan seantero kampung dari wabah penyakit. Sebuah kepala yang sudah dibubuhi ramu-ramuan bila dimanipulasi dengan tepat cukup kuat untuk menghasilkan hujan, meningkatkan hasil panen padi, dan mengusir roh-roh jahat. Kalau ternyata tak cukup kuat, itu karena kekuatannya sudah mulai pudar dan diperlukan sebuah tengkorak yang baru. Sementara itu Mc Kinley menggambarkan ritual perburuan kepala itu sebagai sebuah proses transisi, dalam mana orang-orang yang dulunya adalah musuh menjadi sahabat dengan cara memadukan mereka ke dalam dunia keseharian.
Mungkin ada sebuah pertanyaan, dalam tradisi Ngayau tersebut mengapa
harus kepala dan bukan bagian-bagian tubuh yang lain yang diambil. Mc
Kinley berpendapat (1976 : 124), kepala dipilih sebagai simbol yang pas
untuk ritual-ritual ini karena kepala mengandung unsur wajah, yang
dengan cara serupa dengan nilai sosial tentang nama-nama personal,
merupakan simbol yang paling konkret dari jati diri sosial (social
personhood).
Jati diri sendiri ini pada gilirannya adalah atribut paling manusiawi milik si musuh dan karenanya menjadi atribut yang harus diklaim oleh komunitas orang itu sendiri.
Jati diri sendiri ini pada gilirannya adalah atribut paling manusiawi milik si musuh dan karenanya menjadi atribut yang harus diklaim oleh komunitas orang itu sendiri.
DAYAK KANAYATN ( 1900-an )
GAWAI DAYAK 2006
LUKISAN PANGLIMA DAYAK ( 1900 )
DAYAK ( 2000 )
DAYAK ( 1900 )
UDIN BALOK
( JAWA NGAKU DAYAK )
( JAWA NGAKU DAYAK )
Jadi
dalam budaya Dayak ( semua Dayak di Borneo ) tidak ada budaya
memamerkan Kepala ( kayau ) pada bagian tubuh atau untuk kalung. Ini
kesalahan besar anak muda saat ini menggunakan kepala binatang untuk mepresentasikan kepala KAYAU dan digunakan sebagai atribut budaya.
Yang umum adalah menggunakan BUNTAT- tulang yang membatu, al. Gigi babi yang mempunyai kekuatan magis untuk menangkal ilmu lawan.
Yang umum adalah menggunakan BUNTAT- tulang yang membatu, al. Gigi babi yang mempunyai kekuatan magis untuk menangkal ilmu lawan.
ATRIBUT YANG TIDAK DIKENAL DALAM PANGLIMA DAYAK
( KREASI ANAK MUDA 2009, DAN MENJAMUR 2014 )
Kenapa sewot .. Udin balok memang Orang dayak .. kenapa kamu sewot bilang jawa ngaku dayak ?? emang kamu kenal ??? sok tau lo .. klo qm iri ama bang udin ya ikutin berjuang lah seperti pahlawan .. jangan cuma mengarang pembahasan bodoh ky gini
BalasHapusudin balok itukan stefanus asli dayak... penulisnya orang mana ya
BalasHapusudin balok kalau nda salah campuran jawa bugi
BalasHapus